Bash Script Untuk Backup Database dengan Cron Job

Backup database menjadi mutlak sebuah kebutuhan demi keterjaminan database sebuah aplikasi. Metode backup juga sangat beragam. Kali ini saya akan menuliskan sedikit terkait kolaborasi backup data base dengan metode dumping data dengan cron job di server (linux). Saya sudah mencobanya di server Ubuntu dan Debian. Kita sering menggunakan metode dumbping untuk membackup data di MySQL. tentusaja kita semua sudah sangan familier dengan sintaks nya. Kali ini kita akan membuat cron job atau semacam penjadwalan server untuk melakukan sesuatu, dalam hal ini server kita perintahkan untuk melakukan backup data secara berkala.

Database Backup (gambar dari : darkstardesign.co.uk)
Database Backup (gambar dari : darkstardesign.co.uk)

Pertama kita buat script bash untuk nanti nya kita daftarkan di cron job nya. Script ini berisi perintah-perintah untuk dumping database. Adapun urut-urutan script ini adalah buat foldet berdasarkan tanggal untuk lokasi pentimpanan file backup database, kemudian mengkompress file database agar ukurannya tidak terlalu besar dan menghapus file backup database yang sudab berhasil di kompres. Untuk lebih jelas nya,  berikut ini contoh script nya :

#!/bin/bash
#wing to suit your environment
export DB_HOST="localhost"
export DB_USER="akhsan"
export DB_PASSWD="rahasia"
export DB_NAME="wordpress"
cd /home/akhsan/backupdb
mkdir `date +%Y-%m-%d`
export DB_BACKUP="/home/akhsan/backupdb/`date +%Y-%m-%d`"


#script dumping
/usr/bin/mysqldump -h$DB_HOST -u$DB_USER -p$DB_PASSWD $DB_NAME > $DB_BACKUP/wordpress.sql

cd $DB_BACKUP
tar -zcvf `date +%Y-%m-%d`_all.tgz *.sql
rm *.sql

Anda bisa melakukan backup lebih dari satu host maupun lebih dari satu database. Simpan lah file bash script yang anda buat dengan ekstensi *.sh, misal backup.sh. Anda juga bisa mengecek script dengan perintah ./backup.sh, kalo sudah benar akan ada file hasil backup database pada folder atau direktori yang sudah ditetapkan tadi.

Setelah itu anda bisa mensetting cron job dengan file yang anda buat tadi, petiklah perintak crontab -e kemudian isikan seperti dibawah ini :

# m h  dom mon dow   command
1 1 * * * /home/akhsan/backup.sh

Perintah diatas akan menjalankan script backup.sh pada setiap hari jam 1 lewat 1 menit. Anda bisa mengganti format menit, hari, jam, dan bulan. Misal mau mem backup 2 hari sekali atau terserah anda. Format jam nya adalah 24 jam, arti nya bila kita mau membackup setiap jam 9 malam isikan dengan angka 21. Setelah selesai menulis perintah pada cron job, jangan lupa di simpan. Dan secara otomatis komputer akan melakukan backup sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Semoga bermanfaat.

Advertisements

3 thoughts on “Bash Script Untuk Backup Database dengan Cron Job

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s