Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala di Laptop Acer TravelMate 2420

Setelah kemaren selesai mendownload iso ubuntu 9.10 karmic koala, tiba saat nya untuk membakar nya dan segera untuk menginstallnya ke laptop legendarisku yaitu Acer TravelMate 2420 :D. Untuk kali ini berbeda dengan versi yang sebelum nya yang saya selalu upgrade melalui repo online, kali ini saya fresh install karena beberapa waktu yang lalu laptopku terpaksa saya installi crunchbang linux. Ya, terpaksa dengan crunchbang karena modem sierra 885 ku tidak mau jalan di jaunty :(. Nggak tahu kenapa ndak jalan, padahal instalai nya sudah bener, mungkin memang sudah nasip ketemu dengan crunchbang. Crunchbang juga masih ubuntu based sih sebener nya, cuman crunchbang memakai openbox sebagai desktop deffault nya. Kok malah jadi cerita soal crunchbang sih, padahal ngetik nya ja susah, hehe.

Ubuntu Karmic Koala Desktop
Ubuntu Karmic Koala Desktop

Kembali ke Karmic Koala. Singkat cerita, setelah CD selesai dibakar, saya tidak langsung menginstallnya. Saya coba dulu dengan mgnintip koala dari live CD nya. setelah booting ( lumayan cepat sih) muncullah tampilan desktop karmic koala yang didominasi warna coklat gradasi ke kuning, dan sound juga sudah terdeteck dengan sempurna ditandai dengan suara awal muncul didesktop, halah apa ya nama nya. Saya coba klik tombol application, wow icon-iconnya bener tampil beda, lebih cantik dan menarik. Pertama saya coba colokkan modem siera saya, dan hasil nya langsung terdetek juga di NetworkManager nya, alhamdulillah. Daftarkan providernya, dan yes… connection established uhuy.

Setelah cek dengan live CD ok, langusng saya klik install dan ikuti proses nya tinggal next-next eh forward-forward ding. Dan akhir nya selesai, Alhamdulillah. Setelah reboot, apa yang terjadi? Udah niat mau langsung update dan install beberapa aplikasi kecil ternyata NetworkManager nya ndak mau mengenali modem siera ku, ini penyakit di jaunty (crunchbang), ternyata masih muncul di karmic. Karena penasaran, langusng kartu provider unlimited ku tak  pindah ke HP SE W610i ku, kalo ini dijamin langusng terdettek. setelah terdeteksi, W610i ku saya fungsikan sebagai modem, untuk update dan install beberapa apliaksi kecil yang diperlukan. Tebakan anda bener, saya akan install wvdial, karena dengan wvdial koeneksi lebih stabil.

Keesokan hari nya setelah nyampe kantor, langsung install beberapa aplikasi yang diperlukan, biasa Apache (padahal pengin nyoba nginx), PHP, MySQL dan teman-temannya. Kalo di jaunty dulu, aplikasi dari “jendela” yang saya install dengan wine, tampilannya kurang sempurna, dikarenakan dukungan terhadap driver graphic dari intel belum didukung dengan sempurna. Dan Alhamdulillah di karmic koala ini sudah didukung, dibuktikan MySQL yog ku tampil dengan sempurna di wine nya. Bahkan kata salah seorang teman yang nginstall CS di karmic koala, tampilan graphic nya sama persis dengan tampilan waktu install di “jendela”, mantabs. Fitru-fitru baru yang dijanjikan emang benar ditepati.

Yang baru lagi di karmic koala adalah Ubuntu Software Center, mungkin nama nya aja yang baru, karena dulu dan sekarang pun juga ada synaptic yang fungsi nya sebener nya sama. Namun, di Ubuntu Software Center ini di kelompokkan berdasarkan grop menu yang ada diubuntu, misal aplikasi tentang internet, game, programming dll. Di Karmic koala juga ada yang nama nya Ubuntu One, yaitu fasilitas  untuk penyimpanan data gratis maksimal 2 Gb, kalo masih kurang bisa membayar 10 US $ untuk 50 kapasitas 50 Gb. Di karmic koala juga menghilangkan pidgin sebagai instant messeging nya :(, dan mengganti dengan empathy. Walopun hampir sama, namun di empathy sudah support untuk video call, tapi kalo saya masih nyaman menggunakan pidgin.

Secara umum, proses instalasi berjalan lancar, untuk fitur-fitur baru lainnya blom eksplore lebih dalam lagi. Yang jelas emang lebih cepat dari jaunty. Lebih menarik dan lebih cepat, kesannya ini. Dan seperti biasa untuk memainkan file mp3 kita harus install terlebih dulu codec nya, karena memang tidak disertakan secara deffault. Itu dulu review dari saya, semoga bermanfaat. Selamat bermain dengan koala.

3 thoughts on “Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala di Laptop Acer TravelMate 2420

  1. mas, saya juga pake karmic(ini pertama kali saya nginstall & nyantuh linux, saya juga opake sierra 885. nha pertanyaanya, abis diinstal, gak bisa buat nyetal film or mp3. harus nyari codec dulu.
    itu sierra 885 emang ga bisa dipake d karmic koala ya mas?

    1. @mas wisnu: trimakasih sudah mampir mas. siera 885 bisa kedetek dan lancar kok digunakan di karmic, di jaunty juga bisa jalan. di paragraf kedua kan saya menyebutkan bisa terdetek dengan baik dengan NetworkManager mas. silahkan dicoba lagi. ada juga tips n trik koneksi internet di ubuntu dengan siera di blog ini. silahkan di cari. kalo misal dengan tflash dan ada masalah, ada juga trik nya, semoga berhasil ya mas wisnu 😉
      kalo soal mp3, ubuntu emang tidak menyertakan codec nya secara default, untuk menginstall nya cukup mudah, karena akan otomatis ketika kita memutar file mp3 di rythmbox misal nya, akan muncul notifikasi untuk mengintall codec yang diperlukan, dan akan menginstall secara otomatis, namun harus terhubung dengan internet dulu syarat nya;). Untuk set repository nya juga sudah ada sekarang banyak di server lokal. Semoga membantu.

Leave a Reply

